-->

Info Terbaru 2022

Cara Merawat Komputer Semoga Tetap Infinit Dan Tidak Rusak

Cara Merawat Komputer Semoga Tetap Infinit Dan Tidak Rusak
Cara Merawat Komputer Semoga Tetap Infinit Dan Tidak Rusak
Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tidak Praktis Rusak - Jika Anda sering bekerja dengan mengfungsikan komputer, niscaya Anda sangat menginginkan komputer Anda baka dan tidak ringannya rusak. Banyak sekali kerusakan pada komputer yang ditimbulkan jikalau Anda tidak cerdik merawat komputer. Untuk itu saya akan membagikan bagaimana trik merawat komputer biar tetap baka dan tidak ringannya rusak. Simak ulasannya berikut ini.

1. Bersihkan CPU Komputer

Jika komputer Anda ingin tetap awet, bersihkanlah PC komputer dengan rutin maksimal dalam jangka 6 bulan sekali. Karena jikalau CPU Anda tidak dibersihkan, kotoran debu dalam CPU akan menumpuk dan akan berdampak pada kerusakan pada temperatur atau suhu pada komputer Anda. Caranya dengan membuka casing PC kemudian bersihkan debu yang ada di motherboard peripheral lainnya. Pembersihan sanggup mengfungsikan sikat halus (kuas cat). Lakukan ini selama enam bulan sekali.

Cara Merawat Komputer Agar Awet dan Tidak Praktis Rusak Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet Dan Tidak Rusak

2. Jangan Gunakan Internet Saat Hujan Lebat

Biasanya koneksi internet sangat besar lengan berkuasa pada cuaca. Dikhawatirkan jikalau Anda mengfungsikan internet pada komputer Anda disaat hujan, sanggup menimbulkan jaringan komputer akan tersambar petir dan ini akan berdampak pada komputer Anda nantinya. Tentu saja hal ini sangat berbahaya.

3. Aktifkan System Restore Komputer

Mengaktifkan system restore juga sangat besar lengan berkuasa untuk komputer Anda biar tidak ringannya rusak. Caranya dengan klik kanan pada icon my desktop computer, kemudian klik properties > Tab System Restore > Cari goresan pena Turn Off System Restore On All Drives, kemudian hilangkan tanda centang pada sebelah kiri goresan pena tersebut.

4. Matikan Komputer Sesuai Aturan

Jangan pernah mematikan komputer dengan trik yang tidak masuk akal ibarat eksklusif mencabut kontak listrik pada komputer. Biasakanlah mematikan komputer dengan mengfungsikan shutdown. Gunakan stavolt untuk menghindari mati listrik tiba-tiba. Atau jikalau kau terlalu usang mengfungsikan komputer restart lah terfokus pada dahulu, biar semua system komputer kembali normal. Biasanya jikalau terlalu usang difungsikan system komputer akan melemah.

5. Uninstal Program Yang Tidak Berguna / Tidak Dimengenakan

Biasanya ruang hardisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write hardisk sehingga beban kerjanya akan lebih berat sehingga harddisk akan cepat rusak. Biasanya akan muncul warning juga space hardisk kita sudah penuh. System operasi windows sudah mendukung akan hal yang ibarat ini.

6. Perhatikan Ventilasi dan Pendingin Komputer

Ventilasi yang kurang baik akan mengakibatkan panas yang berlebihan sehingga sanggup menciptakan komponen komputer akan cepat panas sehingga akan memperpendek usia komponen tersebut. Maka dari itu usahakan jarak antara komputer dan dinding minimal 40CM. Agar lebih baik lagi, Anda sanggup measang AC di dalam ruangan dan fungsikan cooling fan ekstra di dalam CPU.

7. Pasang Kabel Ground

Jika casing komputer dikala disentuh terdapat anutan listrik, ambil kabel dengan panjang seperlunya. Ujung satu dihubungkan dengan tubuh CPU (pada casing) tengahkan ujung yg lain ditanam dalam tanah. Hal ini akan sanggup menetralkan arus listrik yg “nyasar” sehingga sanggup menciptakan komponen elektronik lebih awet.

Tips Tambahan Agar Komputer Awet

  • Hindarkan komputermu dari alat yang sanggup memancarkan medan magnet.
  • Jauhkan dari benda-benda yang bersifat magnet.
  • Lakukan scan virus manual setiap satu ahad sekali.
  • Defrag selalu hardisk Anda supaya proses read maupun write jadi lebih ringan alasannya filenya berurutan.

Saran saya biar Anda sanggup mencintai komputer Anda sebagaimana mestinya, memang perlu kesadaran untuk merawat komputer. Karena biasanya pengguna hanya tahu mengfungsikannya saja, tanpa pernah memperhatikan kesehatan komputer. Ikutilah beberapa tips diatas biar komputer Anda terhindar dari kerusakan. Sekian tips dari trik merawat komputer biar tetap baka dan tidak ringannya rusak.
Advertisement

Iklan Sidebar